Memegang idealisme itu laksana MENGGENGGAM BARA API..Tak banyak orang mau melakukannya.. Sebab, hanya sedikit yang sudi bersusah-susah mencari perlindungan telapak tangan AGAR TAK MELEPUH..

Selasa, 15 Februari 2011

KISAH INSPIRATIF SAAT SEKOLAH DASAR

Waktu kecil saya orang yang jorok dan kotor. Tapi saya orangnya lucu, berani tampil, kata bahasa sunda ’kiring’. Dulu saya paling males mandi apalagi sampoan sampe-sampe rambut saya baunya minta ampun. Kakak saya (terutama Romlah) kupyak kepala saya pake sampo sampe saya nangis dan kapok dipandiin sama dia lagi. Saya disunat waktu kelas 1 SD. Sebenernya dulu itu mau dibarengin sunatannya ma adjuk. saya mikir-mikir kalo barengan duit persenan pasti gak dapet banyak karena dibagi 2 ma kakak saya. Adjuk sunatan barengan sama teh Aas nikahan. saya ngomong maunya sunatan barengan sama nikahan teh Oom. Tapi akhirnya barengan sama teh Mumu. Coba kalo saya tetep barengan sama teh Oom bisa-bisa saya sunatan SMA kelas 1 karena teh Oom baru nikahan pas saya SMA. Waktu kecil saya terserang penyakit kuku. saya juga gak tau apa itu penyakitnya karena dulu saya masih kecil banget gak ngerti apa-apa. Pas saya dah sembuh, emak nyawer ciki. saya nangis karena gak dapet pas nyawer itu.

saya juga kena penyakit buduk atau korengan di seluruh tubuh. Kata orang sih saya darah manis. Tapi saya cuek aja dan baru sekarang saya malu kalo nampakin kaki saya yang penuh dengan uang logaman bekas koreng waktu kecil. Aneh.

Keluarga saya termasuk keluarga yang pas-pasan. Hidup dari uang hasil jualan emak dan bapak. Emak saya dulu waktu saya kecil itu jualan kue keliling. Sedih banget dah pokoknya. Bisa dibayanginlah berapa hasil penjualan kue-kue itu yang harus ngidupin 6 orang anak. saya inget banget waktu kecil saya ma kakak selalu ngejegat emak saya pulang dari jualan kue di deket rumah wak emi. saya dan kakak dikasih uang 150 perak yang dulu gede banget tuh nilainya bisa beli kue 3 biji lah. Terharu jadinya.

Bapak yang pendidikannya gak lulus SD dari kecil dah diajak kakek buat jadi kuli bangunan barengan kakaknya juga uwak Halim. Yah biasalah orang betawi yang penting cukup buat makan hari ini dah seneng banget tanpa mikirin gimana besoknya. Bisa dibayangin lah gimana kehidupan saya dulu yang harus serba irit. Sampe-sampe saya inget banget sama kisah mangga. 1 buah mangga itu dibagi-bagi sama 6 orang anak. Sayatan pertama pasti buat saya karena gw anak yang paling di sayang. Tapi yang saya heranin kakak2 saya pada mau lapoknya aja. Lapok itu bijinya yang daging buahnya udah di abisin. Lapok itu dikenyot-kenyot ampe bosen. Kerasa enaaaaak banget.huahaha.

Saya anak kesayangan bapak. Gak ada lagi anak yang disayang selain saya. Gw inget nyanyian bapak ke saya kalo bapak pulang dari kerja sambil ngangkat saya. ”anak bapak gedil, anak bapak gedil, anak bapak gedil”. Bisa dibayangin sendiri betapa sayangnya bapak ke saya.

Kehidupan ekonomi keluarga saya semakin membaik pada saat emak naik profesinya bukan jadi pedagang keliling lagi tapi punya warung yang sampe sekarang masih berdiri tegak yang merupakan alat penghasil uang sampe saya lulus nanti. Bapak masih jadi buruh sewaktu itu. Emak ke pasar sendirian, pulangnya dianter sama becak dan seperti biasa saya sama kakak ngejegat emak pulang dari pasar didepan gang. Wahh seneng dah pokoknya kalo emak pulang dari pasar. Ngebantuin emak ngangkat barang.

Masuk ke kehidupan SD saya orang yang males banget masuk sekolah. Padahal saya orang yang paling muda buat masuk sekolah. Gak TK dulu maklum emak gak ada biaya buat masukin saya sekolah. saya didaftarin sekolah sama teh Aas. Maunya sih masuk SD 1 tapi masuknya SD 3. waktu saya naik kelas ke kelas 3 SD 3 pecah jadi 2. SD 3 (buat kelas A) SD 8 (buat kelas B).

Kalo saya males sekolah saya bilang lagi sakit sama emak sambil nempelin dahi saya ke tangan emak. Tapi kalo saya males dan di suruh sekolah sama emak saya dianterin sama oyok (nenek). Haha. Terasa aneh..

Waktu kelas 1 dan 2 saya tergolong orang yang bodoh, gak pernah dapet peringkat kelas. Emak juga selalu ngebandi-bandingin sama adjuk yang dulunya waktu SD selalu dapet peringkat kelas walaupun peringkat ke 2. lumayan lah. Keluarga saya keturunan pinter. Yang bikin saya bingung kakak-kakak saya pinter termasuk gw terlahir dari keluarga yang pendidikannya rendah. Kecuali kakak gw almarhumah Linda yang udah 3 kali gak naik kelas dan teh Oom yang 1 kali gak naik kelas.

Kelas 3 SD adalah permulaan saya nunjukin eksistensi saya. Waktu kelas 2 SD saya dapet peringkat 21 (Cawu 1), 13 (Cawu 2), dan gak dapet rangking (Cawu 3). Tiba-tiba hal yang mengagetkan saya langsung dapet rangking 1 waktu cawu 1 dan cawu 2. tapi waktu cawu 3 saya dapet rangking 8 karena saya jarang ikutan les sama guru gw SD. Ah gak taulah apa masalah duit apa gak.

Dari kelas 4 sampe 5 saya gak pernah ngerasa ada hal-hal yang luar biasa. Tapi waktu kelas 5 dulu saya pernah diajar sama pak Abduh Surahman yang sekarang udah jadi kepala bagian TU Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang. Bangga saya dulu pernah di ajar sama dia. Dulu dia tuh gualak banget, disiplin, sampe-sampe sekelas di jemur seharian di depan kelas gara-gara ribut di kelas. Wajar kalo pak Abduh karirnya melonjak karena kedisiplinannya itu.

Saya pernah diajarin lagu sama dia. Katanya lagu ini diajarin waktu dia penataran. Lagunya berasal dari padang.

Kambanglah bungo parautan

Simambang riang ditarikan

Didesa dusun ranah minang

Bunga kambang simara kanjuang

Pusako minang, ranah pagar ruyung

Dipasung ti siang malam

Ta bayang-banyang nan rumah gadang

Katanya yang bisa lagu ini dapet nilai plus.

Waktu SD kelas 6 saya diajar sama bu Clara. Orangnya sih galak. Tapi gak disiplin. Omongan sama prilakunya bertolak belakang. Dateng selalu terlambat. Ngasih PR seabreg. Tapi jarang dikoreksi.

Waktu kelas 6 ini saya ikut lomba pelajaran. Dulu saya bisa pelajaran matematika. saya lomba barengan sama ainul yang biasa dipanggil ucok yang ahli di IPS dan Figa yang ahli di bidang IPA. Waktu kelas 6 ini figa menamakan dirinya Prof, saya Ing, ucok Ir. Yah dulukan saya bertiga orang yang megang peringkat kelas

Waktu pra EBTA nilai saya paling tinggi 42 koma lebih dari 5 mata pelajaran. Bisa di bayangin lah nilai rata-rata gw 8. tapi EBTANAS Nem saya Cuma 32,76 dari 5 pelajaran. Rata-rata 6 koma lebih tapi beruntungnya itu waktu jaman gw nilai emang pada turun jadi standar penerimaan SMP negeri itu turun. Masuklah saya ke SMPN 7 Tangerang.

To be continues di SMP 7

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yang jadi pertanyaan,,sebenarnya kamu itu "gw" apa "saya"? wew